TINJAUAN  

Cari :

Informasi Fasilitas Pengembangan Sistem bagi Bidan Jejaring FKTP


Jumat, 16/08/2019 WIB

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan Nasional pada pasal 56 menyebutkan bahwa Fasilitas Kesehatan yang tidak memiliki sarana penunjang , wajib membangun jejaring, diantaranya adalah Bidan, karenanya BPJS Kesehatan terus berupaya menyempurnakan program bagi Bidan Jejaring FKTP sehingga dapat mengoptimalkan pelayanan kebidanan bagi peserta JKN. Sehubungan dengan hal tersebut, kami sampaikan bahwa saat ini sudah dilakukan pengembangan sistem pada FKTP yakni Aplikasi PCare dan Aplikasi Health Facility Information System (HFIS) sebagai berikut:


1. Pengembangan AplikasiPCare.
   Tujuan pengembangan Aplikasi PCare tersebut adalah untuk kemudahan proses penjaminan layanan kesehatan dan proses pengajuan klaim pelayanan yang diselenggarakan Bidan Jejaring:


a. Masing-masing Bidan Jejaring difasilitasi dengan user account (user dan password)
    untuk mengakses Aplikasi PCare, dengan kemanfaatan meliput:i
   1) Melakukan pengecekan status keaktifan Peserta JKN yang akan memperoleh layanan kebidanan pada Bidan Jejaring, yang terkoneksi dengan database FKTP lnduk dan BPJS Kesehatan.
   2) Melakukan input data pelayanan dan tindakan yang telah diberikan kepada peserta sehingga data pelayanan di Bidan Jejaring juga terkoneksi dengan database FKTP lnduk dan BPJS Kesehatan.
  3) Melakukan input data klaim (tagihan) pelayanan dan tindakan yang telah diberikan kepada peserta. Hal ini difasilitasi dalam aplikasi dengan tujuan untuk meningkatkan kecepatan proses pengajuan klaim yang dilakukan oleh FKTP lnduk dari Bidan Jejaring kepada BPJS Kesehatan sehingga proses verifikasi dan pembayaran oleh BPJS Kesehatan kepada Bidan Jejaring dapat dilakukan lebih cepat.
Catatan: sesuai regulasi (Peraturan Menteri Kesehatan nomor 71 tahun 2013 dan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 99 tahun 2015) bahwa pengajuan klaim dilakukan oleh FKTP induk tetapi pembayaran dapat dilakukan secara langsung oleh BPJS Kesehatan kepada Bidan Jejaring).

 

b. lmplementasi atas pengembangan dari Aplikasi PCare sebagaimana dimaksud pada
poin 1.a dilakukan secara bertahap. Pemberian user account Aplikasi PCare kepada
masing-masing Bidan Jejaring melalui FKTP lnduk dan/atauBPJS Kesehatan Kantor Cabang.


2. Pengembangan Aplikasi HFIS
Aplikasi HFIS berisi tentang data profil fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan termasuk jejaringnya. Tujuan pengembangan Aplikasi HFIS yang dilakukan saat ini adalah untuk meningkatkan kecepatan penyelesaian klaim dan menjamin akurasi transaksi pembayaran BPJS Kesehatan kepada Bidan Jejaring:


a. Dalam Aplikasi HFIS terdapat database individu yang memuat data masing-masing Bidan Jejaring dengan penjelasan sebagai berikut:
     1 ) Data individu Bidan Jejaring meliputi nama bidan, nomor Surat lzin Praktik Bidan (SIPB), Nomor lnduk Kependudukan (NIK) bidan, nomor rekening bank atas nama bidan, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama bidan dan nomor handphone (HP).
     2) Data individu Bidan Jejaring dalam HFIS terkoneksi dengan Aplikasi Pembayaran Klaim BPJS Kesehatan, sehingga proses pembayaran klaim pelayanan Bidan Jejaring secara terotomasi mengakses data pada HFIS.
     3) Dalam hal SIPB bidan akan berakhir dalam 3 bulan, akan terdapat reminder sehingga FKTP dapat berkoordinasi dengan Bidan Jejaring untuk segera menyiapkan pembaharuan SIPB.


b. Update data Bidan Jejaring dalam Aplikasi HFIS dilakukan oleh FKTP induk.


c. Dalam rangka mendukung optimalisasi pengembangan Aplikasi tersebut, diharapkan dukungan dari seluruh Bidan Jejaring untuk berkoordinasi dengan FKTP induk dalam melengkapi data-data yang dibutuhkan. Seluruh data Bidan Jejaring dalam HFIS diharapkan telah update paling lambat tanggal 15 Juli 2019.


3. Untuk memastikan implementasi pengembangan sistem sebagaimana uraian di atas, besar harapan kami dukungan dari lkatan Bidan Indonesia sehingga seluruh Bidan Jejaring dapat secara bersama bersinergi meningkatkan pelayanan bagi Peserta JKN

 

Unduh Surat Pemberitahuan Lengkap: 8525. Fasilitas bagi Bidan Jejaring FKTP

ARTIKEL SELENGKAPNYA

Link Survey Penelitian Tentang Pelayanan Postnatal di Indonesia

Berikut ada penelitian dari Ibu D. Linna Suswardany dari Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta melibatkan peneliti dari Universitas Diponegoro dan University of New South Wales, Australia sedang mencari responden untuk mengisi survei online yang waktu pengisiannya 20 menit.
Baca selengkapnya...
Rabu, 11/04/2018 WIB

Larangan merokok di dekat ibu dan anak

Santer diberitakan bahwa berada didekat seseorang yang sedang merokok jauh lebih berbahaya daripada si perokok sendiri.
Baca selengkapnya...
Selasa, 09/04/2013 WIB

E-Learning Empowering Midwives

Bagi Ibu Bidan yang ingin mendapatkan SKP untuk Pendidikan dapat mengikuti E-Learning dari Johnson and Johnson University.
Baca selengkapnya...
Jumat, 01/03/2019 WIB