TINJAUAN  

Cari :

Sambutan Ketua Umum IBI pada Peringatan HUT IBI Ke-67 Tingkat Jawa Barat tahun 2018


Senin, 23/07/2018 WIB

Sambutan Ketua Umum IBI, Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes dalam acara Peringatan HUT IBI 67 yang diselenggarakan oleh Pengurus IBI daerah Jawa Barat yang pada tahun ini diadakan di Kuningan 20-21 Juli 2018.

 

"IBI merupakan organisasi yang kuat, solid dan ini yang harus kita pertahankan, kita jaga bersama. Tidak ada IBI tandingan. IBI merupakan satu-satu nya Organisasi Bidan di Indonesia. Kita berani mengatakan bahwa bidan adalah garda terdepan di masyarakat," ungkap Ibu Ketua Umum Ikatan Bidan Indonesia.

 

Beliau juga menambahkan "Isu saat ini adalah JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang setiap kebijakannya tentu sudah ada target-targetnya, serta adanya evaluasi setiap 2 tahun yang melibatkan berbagai stakeholders. Saat evaluasi IBI sebagai Tim Pokja di pusat sudah menyampaikan laporan apa yang menjadi keluhan dan kendala bidan di lapangan. Sudah dilakukan advokasi-advokasi. Salah satu perubahannya adalah di  tahun 2016 ada kenaikan tarif persalinan bidan dari 600rb ke 700rb. Di samping itu, pada Tahun 2017 juga telah disepakati bahwa pembayaran bidan akan langsung diberikan kepada bidan tanpa melalui FKTP."

 

Salah satu syarat berjejaring dengan FKTP adalah dengan menuliskan nomor rekening Bidan supaya dapat di transfer langsung ke Bidan. Dengan satu tujuan, supaya Bidan semakin termotivasi untuk meningkatkan pelayanan. Pada tahun ini akan diadakan kembali evaluasi JKN, kami menghimbau kepada setiap Pengurus Daerah, Pengurus Cabang, serta bidan di seluruh Indoneisa untuk memberikan masukan dan informasi atas pelaksanaan JKN di kabupaten masing2.

 

"Semoga niat baik Pemerintah utk memberikan jaminan kesehatan agar masyarakat mendapat akses kesehatan senantiasa kita dukung. Sebagai tenaga kesehatan orientasi utamanya adalah bagaimana masyarakat mendapat pelayanan terbaik dan berkualitas. Berdasarkan hasil riskesdas lebih dari 80% ibu bersalin dilayani oleh Bidan. Namun, Bidan tidak bisa menurunkan AKI dan AKB sendiri, semua tersistem bersama-sama dengan peran dari berbagai stakehoders."

 

"Terimakasih kepada teman2 sejawat Bidan atas kontribusi dan pelayanan yang telah diberikan. Semoga Bidan dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya kesehatan ibu dan bayi di Indonesia", ungkap Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes.

 

Dirgahayu IBI ke-67! Sukses selalu untuk Bidan..

ARTIKEL SELENGKAPNYA

Pertemuan Ilmiah Internasional Kebidanan 2018

Dalam rangka memperingati Hari Bidan Internasional Tahun 2018, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) bekerja sama dengan Integrated Midwives Association of the Philippines (IMAP) menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Internasional Kebidanan, yang dilaksanakan di Jakarta, Indonesia pada tanggal 3-5 Mei 2018.
Baca selengkapnya...
Selasa, 16/01/2018 WIB

Pertemuan Ilmiah Tahunan Bidan 2017

[Jakarta] Pertemuan Ilmiah Tahunan Bidan tahun 2017 diselenggarakan pada tanggal 2-4 November 2017 di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta.
Baca selengkapnya...
Senin, 06/11/2017 WIB

Kunjungan Lam Horas Production: Movie Screening Invisible Hopes

Tanggal 14 Februari 2019 kemarin, Lam Horas Production berkunjung ke Kantor Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia
Baca selengkapnya...
Kamis, 14/02/2019 WIB