TINJAUAN  

Cari :

Panduan Partograf Digital


Kamis, 08/03/2018 WIB

Penelitian partograf WHO dilakukan multisentral di Indonesia (4 rumah sakit), Thailand (2 rumah sakit), dan Malaysia (2 rumah sakit) selama 15 bulan (Januari 1990 - Maret 1991), menghasilkan modul/ form partograf yang sekarang banyak di pakai di mana-mana. Penelitian ini bermaksud mengevaluasi penggunaan partograf dalam manajemen dan hasil persalinan, bahwa dengan menggunakan partograf dapat mengurangi agumentasi dengan oksitosin hingga 54 %, mengurangi lama proses persalinan yaitu persalinan yang lebih dari 18 jam serta mengurangi postpartum sepsis hingga 59%.


Tenaga kesehatan khususnya bidan diharapkan mampu menerapkan partograf dengan tujuan angka kematian maternal dan perinatal dapat diturunkan secara bermakna sehingga mampu menunjang sistem kesehatan menuju tingkat kesejahteraan masyarakat. Kenyataannya kepatuhan petugas tenaga kesehatan maupun penolong persalinan dalam penggunaan partograf masih kurang.


Survey menyatakan bahwa kualitas pelayanan persalinan masih rendah khususnya dalam pemanfaatan partograf dalam persalinan, berdasarkan Kajian Kualitas Kesehatan Ibu dan Bayi yang dilakukan oleh kementrian kesehatan, WHO dan HOGSI, 2012 fasilitas pelayanan kesehatan yang menggunakan partograf dalam pertolongan persalinan masih rendah, yaitu 25 % Rumah sakit, 45 % di Puskesmas dan 54%di Klinik bersalin. Dengan rendahnya penggunaan partograf pada bidan dan pentingnya efektifitas waktu pencatatan partograf maka, aplikasi partograf ini menjadi solusi dalam pencatatan partograf.


Partograf Digital adalah aplikasi berbasis sistem operasi android yang digunakan sebagai alat pemantau kemajuan persalinan yang mengacu kepada partograf WHO (World Health Organization)

Berikut hasil karya Bidan Maya dari Tasikmalaya dalam studi S2 di Universitas Padjadjaran.
Buku Panduan dapat diunduh disini: user-guide

 

ARTIKEL SELENGKAPNYA

Materi webinar "Peran Bidan pada Skrining dan Deteksi Dini Kanker Payudara"



Silahkan unduh Materi webinar dr. Walta dalam webinar "Peran Bidan pada Skrining dan Deteksi Dini Kanker Payudara" Webinar kerjasama PPIBI dengan YKP yang dilaksanakan pada tanggal 02 Februari 2021
Baca selengkapnya...
Selasa, 09/02/2021 WIB

Unduh Materi Webinar IBI - USAID Jalin Seri #2 dan Seri #3

Silakan unduh materi Webinar IBI - USAID Jalin yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 April dan 30 April 2020.
Baca selengkapnya...
Senin, 04/05/2020 WIB

Surat Kesepakatan tentang Pendidikan Tinggi Kebidanan

Pada hari ini, Senin, Sebelas September Dua Ribu Tujuh Belas telah dicapai kesepakatan antara Kemristekdikti, BPPSDM Kemkes, Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND), dan lkatan Bidan Indonesia (181) bahwa:
Baca selengkapnya...
Senin, 18/12/2017 WIB