TINJAUAN  

Cari :

Surat Kesepakatan tentang Pendidikan Tinggi Kebidanan


Senin, 18/12/2017 WIB

Pada hari ini, Senin, Sebelas September Dua Ribu Tujuh Belas telah dicapai kesepakatan antara Kemristekdikti, BPPSDM Kemkes, Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND), dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) bahwa:

  1. Pada masa transisi, Uji Kompetensi untuk DIV Kebidanan (0 tahun) tetap akan dilakukan hingga tahun 2020. STR untuk lulusan uji kompetensi DIV Kebidanan ini diatur oleh MTKI/KTKI.
  2. Merujuk pada Surat Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaaan No.257/B/TU/2017 dan Surat Kepala Badan PPSDM Kemkes No. TU.05.01/III.3/03655/2016, mulai tahun 2017 tidak ada penerimaan mahasiswa baru untuk prodi DIV Kebidanan. Selanjutnya perlu dilakukan percepatan untuk pemenuhan 39 prodi DIV Kebidanan menjadi prodi profesi bidan (saat ini ada 3 prodi profesi bidan yang telah mendapatkan izin penyelenggaraan dari Kemristekdikti).
  3. Program profesi bidan dapat ditempuh setelah melalui program vokasi (DIV) atau akademik (S1). Percepatan pemenuhan capaian pembelajaran lulusan program DIII menjadi DIV Kebidanan dapat melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau sesuai Permenristekdikti No.26/2016.
  4. Apabila mahasiswa tidak menyelesaikan hingga tahap profesi (exit pada DIV atau S1 Kebidanan), lulusan tidak bisa mendapatkan STR profesi bidan.
  5. Perlu penataan capaian pembelajaran program DIV dan S1 Kebidanan yang siap untuk melanjutkan program profesi bidan.
  6. Program studi DIV Kebidanan yang terakreditasi C diarahkan untuk memperkuat prodi DIII Kebidanan, dengan pengalihan homebased dosen D IV ke D III Kebidanan (pengaturan pada PD-Dikti).

 

Unduh Surat Kesepakatan: Surat Kesepakatan PPSDM-DIKTI-AIPKIND-IBI

ARTIKEL SELENGKAPNYA

Selamat Tahun Baru 2020



Segenap Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia dan tim sekretariat mengucapkan Selamat Tahun Baru 2020
Baca selengkapnya...
Rabu, 01/01/2020 WIB

Bidan Inspirasi Award oleh Dompet Dhuafa

"Bidan sebagai salah satu tenaga medis yang paling dekat dengan masyarakat, tentunya perlu untuk terus didukung. Kegiatan ini merupakan langkah kecil kami dalam mendukung kontribusi nyata positif yang telah banyak dilakukan oleh para bidan untuk perempuan Indonesia," ujar General Affairs Manager PTTEP Afiat Djajanegara di Jakarta.
Baca selengkapnya...
Selasa, 21/03/2017 WIB

Surat Edaran Tentang Tanda Tangan Elektronik dan Kartu Tanda Registrasi Virtual

Silakan unduh Surat Edaran Nomor KT.05.04/10080/2020 tentang Pemberitahuan Pemberlakuan Tanda Tangan Elektronik dan Kartu Tanda Registrasi Virtual dari Ketua Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI).
Baca selengkapnya...
Senin, 03/02/2020 WIB