TINJAUAN  

Cari :

Beudoh Inong


Senin, 01/01/2007 WIB

Program Beudoh Inong merupakan program bersama antara IBI, KAPAL Perempuan dan PULIH yang mulai dilaksanakan Pasca tanggap darurat (2005-2007). Program Beudoh Inong didukung oleh Ford Foundation dengan menitikberatkan pada aktivitas pemulihan dan pemberdayaan perempuan di kamp pengungsi sesuai dengan bidangnya masing-masing, dalam hal ini IBI memfokuskan pada kegiatan Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana.
Pada Triwulan akhir 2007, Program Beudoh Inong Tahap II dilajutkan kembali dengan melibatkan IBI dan KAPAL Perempuan serta dukungan dana dari Ford Foundation. Jika pada Program Beudoh Inong sebelumnya kegiatan dilakukan di lebih dari 10 kamp pengungsi, maka Program Beudoh Inong II memfokuskan kegiatannya hanya pada 4 relokasi pemukiman pengungsi. Pemukiman dimaksud adalah Kampung Persahabatan, Cot Preh, Dusun Lambaed dan Perumahan Cinta Kasih yang semuanya berlokasi di Kab. Aceh Besar.
Sejak dimulainya hingga detik-detik akhir, Program Beudoh Inong telah melakukan banyak hal terutama bagi masyarakat yang terkena dampak akibat bencana maha dahsyat (Tsunami) yang terjadi di penghujung tahun 2004. Mulai dari pelayanan kedaruratan pasca bencana di barak-barak, bantuan materil dan non materil, pendampingan, kelompok belajar, pembentukan kader, pembentukan Posyandu, pelatihan, seminar, pengumpulan data hingga pendirian Klinik Reproduksi di 3 tempat relokasi.
Dalam melakukan aktivitasnya, Program Beudoh Inong selain melibatkan masyarakat sebagai wujud pemberdayaan, juga merangkul berbagai pihak yang terkait termasuk Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan, PKK, organisasi masyarakat dan tokoh agama setempat. Pelibatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kebersamaan dan rasa memiliki serta kemandirian masyarakat.
Tidak terasa sudah lebih dari 4 tahun Program Beudoh Inong hadir diantara masyarakat di Aceh Besar. Berbagai pencapaian tentunya diharapkan dapat dilanjutkan baik olah masyarakat sendiri maupun oleh institusi terkait agar masyarakat Aceh akan semakin dapat menapaki kehidupan yang lebih baik dan mampu melupakan bayangan kelam masa lalu dengan kekuatan sendiri.
Sebagai wadah ungkapan perpisahan dan estafet berbagai aktivitas program, IBI dan KAPAL Perempuan akan mengadakan kegiatan Seremoni Penutupan Program Beudoh Inong di Propinsi Aceh Darussalam. Kegiatan ini diharapkan dapat dihadiri oleh berbagai pihak terkait baik pemerintah maupun swasta, kelompok maupu perseorangan yang telah berkontribusi dalam membangun Aceh pasca Tsunami.

ARTIKEL SELENGKAPNYA

Kunjungan ARMABI (Mahasiswa Universitas Brawijaya)

[5 April 2019] PP IBI mendapat kunjungan dari mahasiswa S1 dan S2 Kebidanan Universitas Brawijaya di acara 'Hearing
Baca selengkapnya...
Jumat, 05/04/2019 WIB

Agenda Pertemuan PP IBI

Pertemuan dengan beberapa NGO di Kantor PP IBI
Baca selengkapnya...
Selasa, 12/11/2019 WIB

Gerakan 1000 Perempuan Dukung #RokokHarusMahal



Sabtu, 21 April 2018 Bertepatan dengan hari Kartini kemarin, Ikatan Bidan Indonesia berkesempatan untuk mendukung #RokokHarusMahal
Baca selengkapnya...
Senin, 23/04/2018 WIB