VIEW  

Search :

Letter of Agreement on Higher Education of Midwifery


Monday, 18/12/2017

Pada hari ini, Senin, Sebelas September Dua Ribu Tujuh Belas telah dicapai kesepakatan antara Kemristekdikti, BPPSDM Kemkes, Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND), dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) bahwa:

  1. Pada masa transisi, Uji Kompetensi untuk DIV Kebidanan (0 tahun) tetap akan dilakukan hingga tahun 2020. STR untuk lulusan uji kompetensi DIV Kebidanan ini diatur oleh MTKI/KTKI.
  2. Merujuk pada Surat Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaaan No.257/B/TU/2017 dan Surat Kepala Badan PPSDM Kemkes No. TU.05.01/III.3/03655/2016, mulai tahun 2017 tidak ada penerimaan mahasiswa baru untuk prodi DIV Kebidanan. Selanjutnya perlu dilakukan percepatan untuk pemenuhan 39 prodi DIV Kebidanan menjadi prodi profesi bidan (saat ini ada 3 prodi profesi bidan yang telah mendapatkan izin penyelenggaraan dari Kemristekdikti).
  3. Program profesi bidan dapat ditempuh setelah melalui program vokasi (DIV) atau akademik (S1). Percepatan pemenuhan capaian pembelajaran lulusan program DIII menjadi DIV Kebidanan dapat melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau sesuai Permenristekdikti No.26/2016.
  4. Apabila mahasiswa tidak menyelesaikan hingga tahap profesi (exit pada DIV atau S1 Kebidanan), lulusan tidak bisa mendapatkan STR profesi bidan.
  5. Perlu penataan capaian pembelajaran program DIV dan S1 Kebidanan yang siap untuk melanjutkan program profesi bidan.
  6. Program studi DIV Kebidanan yang terakreditasi C diarahkan untuk memperkuat prodi DIII Kebidanan, dengan pengalihan homebased dosen D IV ke D III Kebidanan (pengaturan pada PD-Dikti).

 

Unduh Surat Kesepakatan: Surat Kesepakatan PPSDM-DIKTI-AIPKIND-IBI

 

MORE ARTICLE

Rubella Measles Free Vaccination Program from August to September 2017

Kampanye imunisasi MR dilaksanakan selama Agustus-September 2017 untuk seluruh wilayah di pulau Jawa dan Agustus-September 2018 untuk seluruh wilayah di luar pulau Jawa.
Read more...
Tuesday, 01/08/2017

Pentingnya Penerapan Informed Consent

Pada dasarnya informed consent sudah diatur dalam beberapa regulasi, termasuk dalam Permenkes No. 290/Menkes/Per/III/2008 tentang Persetujuan Tindakan Kedokteran.
Read more...
Thursday, 01/12/2016

Guidance of renewal licensed of midwives

Saat ini, sudah terdapat buku PEDOMAN dan BUKU LOG PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (CONTINUING PROFESSIONAL DEVELOPMENT) BIDAN yang merupakan buku panduan lengkap mengenai perpanjangan STR. Info lebih lanjut mengenai buku ini bisa menghubungi PC /PD setempat.
Read more...
Sunday, 20/08/2017