VIEW  

Search :

Letter of Agreement on Higher Education of Midwifery


Monday, 18/12/2017

Pada hari ini, Senin, Sebelas September Dua Ribu Tujuh Belas telah dicapai kesepakatan antara Kemristekdikti, BPPSDM Kemkes, Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND), dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) bahwa:

  1. Pada masa transisi, Uji Kompetensi untuk DIV Kebidanan (0 tahun) tetap akan dilakukan hingga tahun 2020. STR untuk lulusan uji kompetensi DIV Kebidanan ini diatur oleh MTKI/KTKI.
  2. Merujuk pada Surat Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaaan No.257/B/TU/2017 dan Surat Kepala Badan PPSDM Kemkes No. TU.05.01/III.3/03655/2016, mulai tahun 2017 tidak ada penerimaan mahasiswa baru untuk prodi DIV Kebidanan. Selanjutnya perlu dilakukan percepatan untuk pemenuhan 39 prodi DIV Kebidanan menjadi prodi profesi bidan (saat ini ada 3 prodi profesi bidan yang telah mendapatkan izin penyelenggaraan dari Kemristekdikti).
  3. Program profesi bidan dapat ditempuh setelah melalui program vokasi (DIV) atau akademik (S1). Percepatan pemenuhan capaian pembelajaran lulusan program DIII menjadi DIV Kebidanan dapat melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau sesuai Permenristekdikti No.26/2016.
  4. Apabila mahasiswa tidak menyelesaikan hingga tahap profesi (exit pada DIV atau S1 Kebidanan), lulusan tidak bisa mendapatkan STR profesi bidan.
  5. Perlu penataan capaian pembelajaran program DIV dan S1 Kebidanan yang siap untuk melanjutkan program profesi bidan.
  6. Program studi DIV Kebidanan yang terakreditasi C diarahkan untuk memperkuat prodi DIII Kebidanan, dengan pengalihan homebased dosen D IV ke D III Kebidanan (pengaturan pada PD-Dikti).

 

Unduh Surat Kesepakatan: Surat Kesepakatan PPSDM-DIKTI-AIPKIND-IBI

 

MORE ARTICLE

Pentingnya Penerapan Informed Consent

Pada dasarnya informed consent sudah diatur dalam beberapa regulasi, termasuk dalam Permenkes No. 290/Menkes/Per/III/2008 tentang Persetujuan Tindakan Kedokteran.
Read more...
Thursday, 01/12/2016

CPD Online IBI

CPD (Continuing Professional Development) or often called P2KB (Continuous Professional Development Program) is a professional development process that includes various activities carried out by a person in his capacity as a Midwife
Read more...
Monday, 11/03/2019

Happy New Year 2020



All Central Board of Indonesian Midwives Association and secretariat team wish you a Happy New Year 2020
Read more...
Wednesday, 01/01/2020