TINJAUAN  

Cari :

Bidan Delima


Kamis, 01/01/2015 WIB




Bidan Delima adalah sistem standarisasi kualitas pelayanan bidan praktek swasta, dengan penekanan pada kegiatan monitoring & evaluasi serta kegiatan pembinaan & pelatihan yang rutin dan berkesinambungan.

Bidan Delima melambangkan Pelayanan berkualitas dalam Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana yang berlandaskan kasih sayang, sopan santun, ramah-tamah, sentuhan yang manusiawi, terjangkau, dengan tindakan kebidanan sesuai standar dan kode etik profesi.

Standar


Standar adalah kesepakatan-kesepakatan yang telah didokumentasikan yang di dalamnya terdiri antara lain mengenai spesifikasi-spesifikasi teknis atau kriteria-kriteria yang akurat yang digunakan sebagai peraturan, petunjuk, atau definisi-definisi tertentu untuk menjamin suatu barang, produk, proses, atau jasa sesuai dengan yang telah dinyatakan.

Bidan Praktek Swasta


Bidan Praktek Swasta (BPS) adalah Bidan yang memiliki Surat Ijin Praktek Bidan (SIPB) sesuai dengan persyaratan yang berlaku, dicatat (register) diberi izin secara sah dan legal untuk menjalankan praktek kebidanan mandiri.

Kualitas Pelayanan


Kualitas adalah usaha untuk mengetahui dan memenuhi semaksimal mungkin setiap kebutuhan konsumen dalam hal ini kebutuhan di bidang kesehatan. Kualitas dapat diartikan sebagai kemampuan suatu produk baik barang maupun jasa dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Kualitas juga merupakan janji pelayanan yang terus dijaga agar pihak yang dilayani merasa puas dan diuntungkan. Sedangkan pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik dan memenuhi kepuasan pelanggan/klien.

Peran Bidan Delima dalam Bidang Kesehatan


Bidan Delima dibutuhkan dalam rangka:

  1. Mempertahankan dan meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan BPS, sesuai kebutuhan masyarakat.
  2. Melindungi masyarakat sebagai konsumen dan bidan sebagai provider, dari praktek yang tidak terstandar
  3. Sebagai standarisasi pelayanan kebidanan bagi BPS sejalan dengan rencana strategis IBI.
  4. Menjadi standar dalam mengevaluasi pelayanan kebidanan di BPS karena memiliki tools (perangkat) yang lebih lengkap.
  5. Sebagai bagian dari pelaksanaan rencana kerja IBI dalam pelayanan kebidanan, sekaligus untuk mempertahankan dan meningkatkan citra IBI.
  6. Sebagai tempat pilihan terbaik bagi praktik pendidikan bidan.

Visi

Bidan Delima menjadi standarisasi pelayanan BPS di Indonesia

Misi

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan di BPS.
  2. Meningkatkan kompetensi BPS berdasarkan hasil penelitian dan perkembangan praktek kebidanan terkini.
  3. Mewujudkan BPS yang handal, kompeten dan profesional dalam pelayanannya melalui standarisasi dan kegiatan monev yang berkesinambungan.
  4. Mewujudkan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi BPS dan pengguna jasa.
  5. Meningkatkan peran IBI dalam membina dan menjaga profesionalitas BPS.


Nilai-nilai Bidan Delima

  • Kepatuhan pada standar pelayanan
    Dianut sebagai nilai utama untuk menekankan bahwa sebuah standar dalam pelayanan harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh anggota BD.
  • Tumbuh Bersama
    Untuk menggambarkan bahwa semua anggota BD harus merasakan kemajuan dan terus berusaha untuk maju secara kelompok.
  • Keterbukaan
    Nilai-nilai yang wajib dianut oleh anggota agar tercipta hubungan yang erat dan harmonis dalam komunitas.
  • Profesionalisme
    Selaras dengan nilai kepatuhan pada standar pelayanan, maka profesionalisme diharapkan dapat menjadi semacam ‘label bagi setiap pribadi anggota BD.
  • Kewirausahaan
    Semangat wirausaha diharapkan dapat mewarnai setiap pribadi anggota BD, sehingga selalu ada upaya untuk terus maju dan tumbuh lebih baik daripada sebelumnya.

Logo Bidan Delima
Bidan
Petugas Kesehatan yang memberikan pelayanan yang berkualitas, ramah-tamah, aman-nyaman, terjangkau dalam bidang Kesehatan Reproduksi, Keluarga Berencana dan kesehatan umum dasar selama 24 jam.


Delima
Buah yang terkenal sebagai buah yang cantik, indah, berisi biji dan cairan manis yang melambangkan kesuburan (reproduksi).


Merah
Warna melambangkan keberanian dalam menghadapi tantangan dan pengambilan keputusan yang cepat, tepat dalam membantu masyarakat.


Hitam
Warna yang melambangkan ketegasan dan kesetiaan dalam melayani kaum perempuan (ibu dan anak) tanpa membedakan.


Hati
Melambangkan pelayanan Bidan yang manusiawi, penuh kasih sayang (sayang Ibu dan sayang Bayi) dalam semua tindakan/ intervensi pelayanan.
Bidan Delima melambangkan:
Pelayanan berkualitas dalam Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana yang berlandaskan kasih sayang, sopan santun, ramah-tamah, sentuhan yang manusiawi, terjangkau, dengan tindakan kebidanan sesuai standar dan kode etik profesi.

Pola Operasi Bidan Delima
Pola operasi Bidan Delima mengacu pada Sistem Jaminan Kualitas ISO dengan sentuhan Gerakan Moral

  • Pola operasi Bidan Delima diputuskan mengacu pada Sistem Jaminan Kualitas ISO dengan sentuhan Gerakan Moral.
  • Pola ini dipilih berangkat dari tujuan awal adanya program BD, yaitu meningkatkan standar kualitas pelayanan kebidanan. Ditambah lagi dengan melihat kenyataan bahwa selama ini program BD dapat berjalan baik karena adanya partisipasi sukarela dan dorongan moral dari penggeraknya.
  • Dengan demikian pola operasi Sistem Jaminan Kualitas ditambah Gerakan Moral menjadi sebuah pilihan yang dirasa paling tepat untuk program BD saat ini.
    Kerangka Kerja Bidan Delima


diagram01

Proses Bisnis Bidan Delima

diagram02

Mamfaat Bidan Delima
Manfaat bagi Bidan Delima

  1. Kebanggaan karena dapat memberikan pelayanan yang terstandar.
  2. Pengakuan dari berbagai pihak.
  3. Pelatihan dan pembinaan rutin.
  4. Promosi.


Manfaat bagi pengelola program

  1. Kebanggaan.
  2. Imbalan finansial (transport & insentif).
  3. Pelatihan rutin.


Manfaat bagi Pasien/Pelanggan
Mendapatkan pelayanan kebidanan yang aman dan berkualitas

Mitra Kerja

  1. Peningkatan citra organisasi/individu dan mitra.
  2. Membantu mitra dalam melaksanakan program kerja dan mencapai sasaran kinerja.
  3. Mendapatkan data/informasi akurat dan terkini mengenai kondisi kesehatan ibu dan anak.
  4. Wadah belajar dan praktek untuk peningkatan pengetahuan dan keahlian.
  5. Wadah untuk berkontribusi dalam peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak di Indonesia.

Struktur Organisasi Bidan Delima

Struktur Organisasi Bidan Delima Tingkat Propinsi

flowchart01

Struktur Organisasi Bidan Delima Tingkat Kabupaten/Kota

flowchart02

ARTIKEL SELENGKAPNYA

INFORMASI PELATIHAN

Bidan merupakan tenaga kesehatan yang mempunyai tugas utama memberikan pelayanan kebidanan dan kesehatan reproduksi kepada individu perempuan, keluarga dan masyarakat.
Baca selengkapnya...
Senin, 01/01/2007 WIB

Editor Meeting dalam Peningkatan Kualitas Jurnal Bidan

IBI sudah mengakomodasi publikasi di jurnal lokal melalui Jurnal Ilmiah Bidan. Untuk itu, diperlukan pemahaman akan teknik dan kaidah penulisan ilmiah baik dan benar untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan bidan dalam menulis jurnal ilmiah di jurnal internasional dengan mengadakan Editor Meeting ini.
Baca selengkapnya...
Selasa, 20/12/2016 WIB

PP IBI Menerima Kunjungan Mahasiswi Stikes Widya Darma Husada

PP IBI menerima kunjungan dari mahasiswi kebidanan Stikes Widya Darma Husada Pamulang, Banten.
Baca selengkapnya...
Kamis, 12/01/2017 WIB