TINJAUAN  

Cari :

Bakti Sosial dalam Rangka HUT IBI ke-67


Jumat, 29/06/2018 WIB




Ikatan Bidan Indonesia (IBI) adalah organisasi profesi satu-satunya wadah bidan di Indonesia, berdiri pada tanggal 24 Juni 1951 di Jakarta. Pada tahun yang sama, IBI menjadi anggota Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) dan lima tahun kemudian (tahun 1956) menjadi anggota International Confederation of Midwives (ICM). Selanjutnya memenuhi ketentuan perundangan yang berlaku tentang Organisasi Kemasyarakatan di Indonesia, pada tahun 1985 IBI telah melaksanakan daftar ulang selaku Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)di Kementerian Dalam Negeri.

 

IBI telah berkembang dengan baik, hal ini ditandai dengan telah adanya 34 Pengurus Daerah (Tingkat Propinsi), 508 Pengurus Cabang (Tingkat Kabupaten/Kota) dan 2592 Pengurus Ranting (Tingkat Kecamatan/unit Pelayanan/Pendidikan). Sementara jumlah anggota memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) 282.956 (per 15 Desember 2017). Namun angka ini berbeda dengan angka jumlah bidan yang tercatat di Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia yaitu 443.003 (Maret 2017).

 

Tanggal 24 Juni 2018 tahun ini IBI telah genap berusia 67 tahun, usia yang sangat matang dengan banyak pengalaman yang sudah dilalui sebagai organisasi profesi. Pengalaman adalah kekayaan untuk menyongsong masa depan yang penuh tantangan, salah satunya adalah liberalisasi pelayanan kesehatan dalam era globalisasi saat ini. Untuk itu IBI perlu melakukan konsolidasi kedalam dan advokasi kesemua stakeholders terkait untuk menyiapkan anggota dalam menghadapi tantangan tersebut. Tema dalam peringatan HUT IBI ke-67 tahun 2018 adalah “Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan Maternal Neonatal Melalui GERMAS dan Pelayanan Berkualitas“ (Midwives Leading The Way by Quality Care).

 

Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun IBI yang ke-67 di tahun 2018 ini, Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia kembali mengadakan kegiatan Angjangsana kepada sesepuh IBI, dan tabur bunga ke makam pendahulu IBI (Mei-Juni). Selain itu PP IBI juga mengadakan Bakti Sosial yang telah diselenggarakan pada Jumat, 29 Juni 2018 di Klinik Pratama IBI / Kantor Pengurus Pusat IBI dengan jumlah peserta 672 orang. Jenis pelayanan yang diberikan pun bervariasi, antara lain:
- Posyandu RW 9, RW11, RW 5, RW 4, RW 3, dan RB IBI;
- Pelayanan Lansia;
- Pelayanan Umum;
- Pelayanan IVA; Pelayanan KB;
- Pemeriksaan Ibu Hamil (ANC); serta
- Pelayanan Imunisasi.
Disamping itu, terdapat juga Pemeriksaan bonescan yang diadakan oleh mitra IBI, Mercy, serta ada juga booth dari tim Mobil ATI, Gemarikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan dimana peserta diberikan edukasi mengenai cara pengolahan ikan yang baik serta demo masak.

 

Setelah acara Bakti Sosial selesai, dilanjutkan dengan Halal Bihalal bersama dengan perwakilan Pengurus IBI se jabodetabek serta para sesepuh IBI yang berakhir haru dengan pemotongan tumpeng dan menyanyikan lagu mars dan hymne IBI.

 

Semoga apa yang telah dicapai serta kendala yang dihadapi dapat diperbaiki untuk dimasa yang akan datang khususnya dalam menghadapi tantangan dari dalam maupun dari luar organisasi serta untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. Hidup Bidan Indonesia!

 

ARTIKEL SELENGKAPNYA

Rapat Dengar Pendapat Umum komisi IX DPR RI



Hari ini Ketua Umum Ikatan Bidan Indonesia Ibu Emi Nurjasmi, beserta Ibu Tuminah, Ibu Sri Purwaningsih, Ibu Laurensia dan Fitriani.
Baca selengkapnya...
Kamis, 20/11/2014 WIB

PRESS RELEASE : BIDAN BERDUKA

Ikatan Bidan Indonesia berduka atas meninggalnya bidan Anik dan bidan Dwi Endah
Baca selengkapnya...
Selasa, 01/12/2015 WIB

THE ASIA PACIFIC REGIONAL CONFERENCE IN YOKOHAMA JAPAN



Konferensi ICM Regional Asia Pacific di Jepang, 21-23 Juli 2015
Baca selengkapnya...
Rabu, 01/07/2015 WIB