TINJAUAN  

Cari :

Program Imunisasi Campak Rubela Gratis bulan Agustus - September 2017


Selasa, 01/08/2017 WIB

Untitled

 

Campak   merupakan   penyakit   yang   sangat   mudah menular  yang  disebabkan  oleh  virus  dan  ditularkan  melalui batuk  dan  bersin.  Gejala  penyakit  campak  adalah  demam tinggi, bercak  kemerahan  pada  kulit  (rash)  disertai  dengan batuk dan/atau pilek dan/atau konjungtivitis akan tetapi sangat berbahaya  apabila  disertai  dengan  komplikasi  pneumonia, diare, meningitis dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini sangat berpotensi menjadi wabah apabila cakupan imunisasi  rendah  dan  kekebalan  kelompok/herd  immunity tidak  terbentuk.  Ketika  seseorang  terkena  campak,  90% orang yang berinteraksi erat dengan penderita dapat tertular jika mereka belum kebal terhadap campak. Seseorang dapat kebal jika telah diimunisasi atau terinfeksi virus campak.

 

Pada  tahun  2000,  lebih  dari  562.000  anak  per  tahun meninggal   di   seluruh   dunia   karena komplikasi   penyakit campak. Dengan pemberian imunisasi campak dan berbagai upaya yang telah dilakukan, maka pada tahun 2014 kematian akibat campak menurun menjadi 115.000 per tahun, dengan perkiraan 314 anak per hari atau 13 kematian setiap jamnya.

 

Rubella  adalah  penyakit  akut  dan  ringan  yang  sering menginfeksi  anak  dan  dewasa  muda  yang  rentan.  Akan tetapi  yang  menjadi  perhatian  dalam  kesehatan  masyarakat adalah  efek  teratogenik  apabila  rubella  ini  menyerang  pada wanita  hamil  pada  trimester  pertama.  Infeksi  rubella  yang terjadi  sebelum  konsepsi  dan  selama  awal  kehamilan  dapat menyebabkan  abortus,  kematian  janin  atau  sindrom  rubella kongenital (Congenital  Rubella  Syndrome/CRS) pada  bayi yang dilahirkan.

Estimasi kasus campak dan rubela di indonesia

Sumber: Petunjuk Teknis Kampanye Imunisasi MR

 

Imunisasi MR diberikan pada anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun selama masa kampanye. Imunisasi MR masuk ke dalam jadwal imunisasi rutin segera setelah masa kampanye berakhir, diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan dan anak kelas 1 SD/sederajat. Gratis, tidak dipungut biaya.

 

Kampanye imunisasi MR dilaksanakan selama Agustus-September 2017 untuk seluruh wilayah di pulau Jawa dan Agustus-September 2018 untuk seluruh wilayah di luar pulau Jawa.
Pada bulan Agustus, imunisasi MR diberikan untuk Anak Usia Sekolah di sekolah-sekolah (SD/MI/ Sederajat, SMP/MTS/sederajat), dan pada bulan September diberikan di Posyandu, Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan lainnya untuk bayi dan anak yang belum bersekolah dan anak usia sekolah yang tidak bersekolah.

 

Bahan Kampanye dan Introdukti Imunisasi Measles Rubella bisa diunduh disini:

Kampanye dan Intro MR Final

 

Sumber: Kementerian Kesehatan RI

ARTIKEL SELENGKAPNYA

Pemberitahuan Pembayaran STR melalui Aplikasi Simponi

Sehubungan dengan adanya penyempurnaan aplikasi registrasi STR Online MTKI dan dilakukannya maintenance server Simponi oleh Kemenkeu, maka dengan ini diinformasikan mengenai pembayaran pengajuan STR secaraonline dengan menggunakan aplikasi Simponi diberlakukan mulai tanggal 15 Juni 2017.
Baca selengkapnya...
Rabu, 07/06/2017 WIB

Call for Abstract dan Konferensi KB Pasca Persalinan

Empat setengah juta perempuan di Indonesia melahirkan setiap tahunnya. Untuk kesejahteraan bayi,
Baca selengkapnya...
Kamis, 06/10/2016 WIB

UNIVADIS

UNIVADIS adalah website yang menyajikan informasi lengkap dari sumber referensi/jurnal ilmiah terkemuka di dunia seperti
Baca selengkapnya...
Sabtu, 14/06/2014 WIB