TINJAUAN  

Cari :

Editor Meeting dalam Peningkatan Kualitas Jurnal Bidan


Selasa, 20/12/2016 WIB

IMG_8815re

 

Peran bidan dalam peningkatan status kesehatan masyarakat melalui kompetensinya semakin nyata. Tidak hanya dalam praktek pelayanan kebidanan, namun juga pengembangan kompetensi melalui penelitian dan karya tulis ilmiah. Bagi bidan yang mengajar di institusi pendidikan, melakukan penelitian dan menulis jurnal ilmiah ini sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu kebidanan dan peningkatan kompetensi bidan. Selain itu publikasi ilmiah di jurnal internasional juga dapat meningkatkan akreditasi institusi kebidanan. Hingga saat ini publikasi ilmiah pada jurnal internasional masih sangat terbatas. Namun IBI sudah mengakomodasi publikasi di jurnal lokal melalui Jurnal Ilmiah Bidan. Untuk itu, diperlukan pemahaman akan teknik dan kaidah penulisan ilmiah baik dan benar untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan bidan dalam menulis jurnal ilmiah di jurnal internasional dengan mengadakan Editor Meeting pada tanggal 20 Desember 2016 di Double Tree Hilton Hotel, Jakarta.

Pemateri dari Editor Meeting adalah:
1. Prof. Dr. Soedigdo Sastroasmoro,SpA(K)
-    Jurnalogoi: flow penerimaan jurnal ilmiah
-    Prinsip-prinsip penulisan makalah ilmiah: memperkenalkan tata cara dan kaidah penulisan   peer    review
2. Dr. dr. Kuncoro Harimurti, SpPD-KGER, MSc (Editorial Board The Indonesian Journal of Internal Medicine / Acta Medica Indonesiana)
-    In House Style (gaya selingkung) jurnal ilmiah kedokteran
-    Telaah format jurnal yang terstandart
3. dr. HE Kusdinar Achmad, MPH
-    Teknik Penulisan Jurnal
4. Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes
-   Jurnal Ilmiah Bidan

 

ARTIKEL SELENGKAPNYA

Beudoh Inong

Program Beudoh Inong merupakan program bersama antara IBI, KAPAL Perempuan dan PULIH yang mulai dilaksanakan Pasca tanggap darurat (2005-2007).
Baca selengkapnya...
Senin, 01/01/2007 WIB

Pelatihan APN bagi Anggota IBI

Dalam rangka mewujudkan visi IBI yaitu
Baca selengkapnya...
Senin, 09/01/2017 WIB

HPEQ

Proyek HPEQ diharapkan akan berkontribusi pada pencapaian peningkatan layanan kesehatan melalui peningkatan kualitas penyedia jasa kesehatan; dokter, dokter gigi, perawat, dan bidan.
Baca selengkapnya...
Senin, 01/01/2007 WIB