TINJAUAN  

Cari :

PERJUANGKAN BIDAN PTT, PP IBI PILIH JALUR ADVOKASI BIROKRASI


Rabu, 04/05/2016 WIB

“Berjuang memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dalam hal pengangkatan Bidan PTT menjadi CPNS, PPIBI menempuh jalur advokasi kepada stakeholder terkait”, demikian pernyataan Ibu Tuminah Wiratnoko, Sekjend PPIBI.


Bidan PTT berjumlah 42.245 orang yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Sekitar 95 % (39.554 orang ) berusia dibawah 35 tahun, sedangkan sekitar 5 % (2.691 orang) berusia diatas 35 tahun. Bidan PTT yang berusia diatas 35 tahun memiliki masa kerja sekitar 5 – 11 tahun sejak 2005 s/d 2014, rata-rata telah melakukan 2 kali perpanjangan kontrak.


Mengenai nasib Bidan PTT ini, Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP IBI) telah memperjuangkan agar seluruh Bidan PTT dapat diangkat sebagai pegawai tetap pemerintah. Jalan yang ditempuh oleh PP IBI untuk mengakomodir aspirasi Bidan PTT ini adalah dengan melakukan advokasi kepada para pengambil kebijakan. PP IBI bersama Bidan PTT telah bertemu dengan Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres), Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Menteri Kesehatan (Menkes), Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Komisi IX DPR RI dan DPD RI.


Walaupun belum mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan kita semua, karena terbentur UU No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara mengenai batas usia pengangkatan PNS, setidaknya sudah ada kesepakatan antara MenPAN-RB dan Menkes bahwa “Bidan PTT yang berusia dibawah 35 tahun TELAH BISA DIPROSES untuk diangkat menjadi CPNS pada Oktober 2016 yang diawali dengan seleksi berupa Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang akan diselenggarakan pada bulan Juli 2016. Sedangkan untuk Bidan PTT yang berusia diatas 35 tahun akan tetap kita perjuangkan. Kita berjuang untuk mendapatkan terobosan kebijakan sehingga Bidan PTT dapat diangkat seluruhnya menjadi CPNS”.


Hari ini Rabu, 4 Mei 2016, sejumlah rekan bidan yang tergabung dalam Forum Bidan Desa PTT melaksanakan aksi demonstrasi di depan Kantor Kementrian Kesehatan RI, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan. Informasi yang kita peroleh, demo dimulai pada pukul 10.30 WIB, orasi dilakukan dihadapan sekitar 1.500 – 2.000 orang. Masa terdiri dari Bidan PTT dan Anggota KASBI (Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia). Mereka menuntut kepastian status pengangkatan Bidan PTT menjadi PNS di tahun 2016. Aksi demonstrasi dilaksanakan atas inisiatif Forum Bidan Desa PTT Pusat bersama Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI). “AKSI DEMONSTRASI HARI INI BUKAN ATAS NAMA IKATAN BIDAN INDONESIA”. (ik)

ARTIKEL SELENGKAPNYA

H-30 Menuju Kongres ICM Ke - 31 di Toronto

Girls 'Globe dalam mendukung ICM memimpin 30 hari Social Media Countdown ke ICM Kongres di Toronto. Setiap hari menjelang Kongres dapat dibagikan secara visual - sebuah film, foto, quote, atau ilustrasi - yang akan dibagikan di Facebook dan Twitter secara bersamaan.
Baca selengkapnya...
Jumat, 19/05/2017 WIB

Bakti Sosial HUT IBI ke 64 tahun 2015



Pelayanan Masyarakat Bakti Sosial Hari Ulang Tahun IBI ke 64 tahun 2015
Baca selengkapnya...
Kamis, 11/06/2015 WIB

Sosialisasi Modul PPAM



Telah dilaksanakan acara Workshop Sosialisasi Modul Bahan Ajar Paket Pelayanan Awal Minimum (PPAM) kesehatan Reproduksi.
Baca selengkapnya...
Kamis, 24/07/2014 WIB