TINJAUAN  

Cari :

Pertemuan Ilmiah Internasional Bidan 2015


Senin, 12/10/2015 WIB

Bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan strategis yang memiliki tugas dan fungsi memberikan pelayanan kebidanan untuk meningkatkan status kesehatan ibu dan anak, khususnya kesehatan reproduksi perempuan dan tumbuh kembang bayi dan balita. Perkembangan iptek dan pelayanan kebidanan (midwifery) terjadi sangat cepat dan dinamis, untuk itu diperlukan pertemuan ilmiah tahunan bidan sebagai upaya memfasilitasi anggota IBI untuk mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi yang update sehingga dapat menerapkan dalam praktik sehari-hari berdasarkan bukti.

Pada tanggal 7-9 Oktober 2015 bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, telah dilaksanakan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Bidan 2015 yang mengundang peserta dari negara-negara regional Asia Pasifik serta pembicara Internasional. Dengan demikian Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Bidan 2015 menjadi Pertemuan Ilmiah Internasional Bidan 2015.

Tema yang diambil pada tahun ini adalah "Peran Bidan dalam 1000 hari pertama Kehidupan, Mewujudkan Generasi Berkualitas". Keynote Speaker adalah Ibu Menteri Kesehatan RI Prof.Dr.dr.Nila Moeloek, SpM dengan judul Kebijakan Pemerintah dalam pendayagunaan Tenaga Bidan untuk peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak di Indonesia.

Pembicara dari Intenasional adalah Ibu Della Sherrat, Senior International Midwifery Consultant, UK. Kemudian dari ICM Headquarter Management Consultant, Macmillan Malcolm. Selain itu dalam Pertemuan Ilmiah kali ini juga mengundang Ibu Rafat Jan, PhD, RN, RM, Profesor dan President Midwifery Association of Pakistan, Aga Khan University School of Nursing and Midwifery untuk memberikan Tips dan Trik strategi penulisan abstrak dan penelitian untuk jurnal Internasional. 

Pertemuan Ilmiah Internasional Bidan 2015 menghadirkan 28 pakar pembicara baik nasional maupun internasional dalam topik topik tertentu yang memperluas pengetahuan peserta PIT Bidan 2015. Selain itu dalam acara ini juga memberikan kesempatan kepada 24 peserta oral presentasi terbaik hasil penelitian untuk dipublikasikan yang terbagi dalam tiga ruangan yang berbeda.

Diharapkan dengan terselenggaranya Pertemuan Ilmiah Internasional Bidan 2015 ini dapat meningkatkan kualitas bidan/anggota IBI dengan meningkatkan pengetahuan di bidang iptek, pendidikan, perkembangan pelayanan dan kebijakan terkait dengan peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak.

Sukses IBI, Sukses Bidan Indonesia.

ARTIKEL SELENGKAPNYA

BERITA DUKA



Ikatan Bidan Indonesia kehilangan sosok teladan dari seorang Ibu Rabimar Juzar Bur, yang dimakamkan pada hari Senin 22 September 2014
Baca selengkapnya...
Selasa, 23/09/2014 WIB

Alur Pengajuan SKP ke Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia



Alur Pengajuan SKP ke Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia
Baca selengkapnya...
Kamis, 14/01/2016 WIB

Dukungan UNFPA Menghadirkan Konsultan Kebidanan Senior Internasional

Sejak tanggal 5 September hingga 19 September 2016, Ikatan Bidan Indonesia mendapat kehormatan karena kedatangan tamu dari United Kingdom (Inggris), Della R. Sherratt, MA, B.Ed. (Hons), MTD, RM, RN, NDipDN.
Baca selengkapnya...
Senin, 26/09/2016 WIB